Foto Propaganda Israel di Haaretz Tidak Masuk Akal


Ini adalah foto dan keterangan propaganda Israel yang muncul di situs suratkabar Israel Haaretz.

Ada beberapa hal yang tidak dapat dipercaya tentang hal ini:

1. Serangan Israel terjadi dalam kegelapan. Ada cahaya siang hari yang terang masuk melalui jendela.
2. Siapa yang mengambil foto ini? Pasukan Komando Israel yang katanya terancam dengan pisau? Foto yang bagus!
3. Semua orang di belakang pria dengan pisau itu terlihat cukup tenang dan seolah-olah mereka tidak sedang diserang oleh tentara Israel.
4. Orang-orang di kapal diperintahkan untuk memakai jaket penyelamat sebelum serangan Israel terjadi dan dalam gambar ini tak ada seorang pun yang mengenakannya.
5. Bagaimana mereka tahu dia aktivis “sayap kiri”? Dia tidak cocok dengan stereotipe seorang aktivis sayap kiri. Apakah mereka meluangkan waktu untuk melakukan wawancara saat dia diduga mencoba menusuk mereka?

Cek realitas: Jika foto ini berasal dari kapal itu, maka ia menunjukkan seorang pria membawa sebilah belati seremonial, mungkin dalam sebuah demonstrasi akan keberaniannya di depan kamera dan para wartawan. Yang pasti adalah foto ini tidak bisa membenarkan serangan militer Israel di laut lepas dan pembunuhan warga sipil di sebuah kapal bantuan kemanusiaan. Lagipula, andaikan saja mereka punya banyak belati di kapal, apa yang akan mereka lakukan, berlayar ke Gaza dan kemudian “menikam” Israel?

UPDATE: Belakangan Haaretz menghapus foto. Untungnya, saya selalu menyimpan salinan halaman web asli yang saya kutip.[ali abunimah | vop]
◄ Newer Post Older Post ►