Perawatan Khusus untuk Kecantikan Anjing Anda

Mengapa anjing perlu kecantikan? Tiap-tiap jenis anjing memiliki daya tarik dan kecantikan tersendiri, dan untuk itu anda harus merawat keindahan bulunya, agar kecantikan itu bisa nampak. Seperti Toy Dog, kalau bulunya tidak bersih dan tidak terawatt, tidak akan nampak cantik dan lucu.
Tiap anjing memiliki cirri dan bentuk bulu yang berbeda, tetapi pada dasarnya anda bisa menggunakan alat-alat perawatan bulu di bawah ini:

Sisir
Sisir memiliki fungsi untuk menyisir bulu anjing, dan harus rutin dilakukan, terutama untuk anjing berbulu panjang. Yang perlu anda ketahui, sisir terbuat dari bahan logam, ada yang bergigi besar, sedang, halus, dan jenis sisir untuk mencari kutu. Untuk memilih jenis sisir yang cocok, harus disesuaikan dengan jenis anjing. Yang paling penting pada saat menyisir, jangan sampai melukai kulit anjing, maka sebaiknya pilih sisir yang ujungnya bulat dan tidak lancip.

Sikat (Brush)
Sikat berfungsi untuk menyikat bulu anjing. Menyisir merupakan pekerjaan rutin setiap hari yang harus anda kerjakan, terutama untuk anjing yang berbulu panjang, agar bulu bisa lebih cerah, bercahaya, atau untuk menghilangkan bulu rontok atau debu, sehingga kulit anjing menjadi bersih dan sehat. Sikat juga bisa membantuk peredaran darah. Untuk jenis anjing berbulu panjang, anda harus memakai sikat jarum berujung karet. Cara menyikat bulu anjing adalah dari ujung bulu baru ke akar bulu. Kalau bulunya kusut menjadi satu, anda bisa menggunakan minyak, dengan memakai jari tangan kita digosok-gosokkan, supaya bulunya bisa lepas kembali. Setelah itu baru dengan mudah menyisir bulu dan tidak sampai bulunya tercabut.

Pisau untuk mencabut bulu
Pisau ini hanya untuk anjing berbulu keras. Mencabut atau menggunting, supaya merangsang kulit untuk menumbuhkan bulu yang kasar dank eras.

Alat cukur listrik, untuk merapikan dan memendekkan bulu

Gunting, untuk menggunting bulu supaya bisa rata

Handuk
Digunakan handuk yang hangat untuk membungkus badan anjing, membiarkan bulu yang melengkung menjadi lurus dan juga bisa merapikan bulu yang panjang.

Mandi
Untuk memandikan anjing, terlebih dahulu anda harus sudah menyisir bulu anjing dengan lembut, untuk menghilangkan bulu yang rontok dan kotoran. (Bersambung: cara memandikan anjing) 
◄ Newer Post Older Post ►