Ternak Ayam Pelung

Ternak ayam pelung bisa dijadikan usaha sampingan untuk anda, bahkan mungkin kalau anda lebih serius lagi mengelolanya akan menjadi usaha mandiri anda.


Ayam pelung ini mempunyai daya tarik sendiri yaitu pada suara yang indah dan panjang bahkan sampai kepala ayam menempel ketanah. Dengan pembibitan yang betul disertai perawatan ayam yang intensif maka akan dihasilkan ayam pelung dengan kualitas suara yang bagus.

Ayam pelung merupakan ayam lokal yang berkembang di Kabupaten Cianjur dan Sukabumi (Jawa Barat). Ayam pelung memiliki sosok tubuh besar dan tegap, temboloknya tampak menonjol. Kakinya panjang, kuat, dan pahanya berdaging tebal. Ayam pelung jantan memiliki Jengger berbentuk wilah yang besar, tegak, bergerigi nyata dan berwarna merah cerah. Ayam pelung betina mempunyai jengger, tetapi jengger terseebut tidak berkembang dengan baik. Ayam pelung jantan dewasa mempunyai bobot badan berkisar antara 3,5 Kg – 5,5 Kg, sedangkan yang betina 2,5 Kg – 3,5 Kg.

Untuk perawatan sebenarnya tidak terlalu sulit, anda tinggal memberikan kandang yang bersih, memandikan ayam, menjemurnya dan memeberikan makan yang bervitamin seimbang. Peminat ayam pelung ini bukan hanya dari kalangan bawah tapi juga kalangan ekonomi menengah keatas. Satu ekor ayam pelung yang bersuara bagus bisa bernilai jutaan rupiah loh.. Biasanya diadakan kontes ayam pelung untuk menguji kehebatan suara mereka. Pemenang kontes akan mendapatkan penghargaan dan nilai jual yang tinggi.

Kini ayam pelung sudah banyak dikembangbiakkan di daerah pedesaan di Cianjur. Untuk mendapatkan bibit ayam ini bisa datang ke Kecamatan Warungkondang, Pacet, Cugenang, Cianjur dan Cempaka. Sedangkan untuk mendapatkan ayam pelung yang sudah menghasilkan suara bagus, Anda harus merogoh kocek lumayan besar, karena harganya bisa mencapai 10-20 juta per ekor. Sedangkan untuk ayam betinanya yang masih berproduksi bernilai 500 ribu sampai 800 ribu. Harga yang tidak murah bila dibandingkan dengan ayam biasa. Tapi bagi yang hobi dan mencintai keunikan, harga ayam pelung ini sudah sebanding dengan kelebihannya.
◄ Newer Post Older Post ►