Video Lengkap Pentagon: "Monyet Filipina" Dusta Belaka

Video lengkap versi Pentagon mengenai “insiden Selat Hormuz” antara lima perahu motor Iran dengan armada kapal perang AS akhirnya sampai di YouTube. Ia terbagi menjadi lima bagian untuk upload.

Pengamatan pertama—bagian pertamanya mengenai tukar-menukar informasi lewat radio seperti juga yang terlihat dalam video versi Iran dan yang Pentagon katakan sebagai peristiwa yang lebih awal.

Kapal-kapal AS membunyikan sirine peringatan mereka beberapa kali, yang bermula pada sekitar 4.30 (catatan waktu dari video). Terdapat sebuah helikopter di udara, di atas perahu-perahu motor cepat yang mungkin berasal dari kapal-kapal AS—sesuatu yang tidak terlihat dalam video versi AS yang sudah diedit.

Ada sedikitnya satu kapal yang lain—terlihat seperti sebuah kapal tanker—di wilayah itu.

Pada menit kelima belas, perahu-perahu motor Iran muncul tapi tidak bergerak dan berbalik jauh hingga nyaris tidak terlihat, lalu pada bagian ketiga (menit ke-19+) sebuah perahu Iran muncul kembali dan ada suara-suara yang terdengar memberi perintah “all ahead flank” di atas kapal AS. Itu artinya sekitar 38 knot bagi kapal-kapal dari kelas-kelas seperti itu. Pada titik itu, terlihat sebuah pangkalan minyak pada latar belakang dari bidikan. Perahu Iran menjaga jarak yang jauh (beberapa ratus yard sedikitnya) dari kapal-kapal AS. Sebuah suara orang Amerika berkata, “Adakah kontak-kontak lain di sana...hanya satu?” dan segera sesudah itu, perahu Iran kedua bergabung dengan yang pertama—seraya masih menjaga jarak. Pada menit ke-27, kita kembali melihat satu perahu yang tetap memelihara kecepatannya pada suatu jarak yang cukup (sedikitnya separuh mil, atau mungkin lebih).

Bagian Empat: beberapa menit awalnya adalah pengulangan dari bagian ketiga—oops. Pada menit ke-7 dari 37 menit durasi keseluruhan, terlihat sebuah helikopter di atas. Meski demikian hanya ada satu perahu, tetapi tetap memelihara jarak nya. Pada menint ke-8.43 video ini, terlihat kembali sebuah pangkalan minyak.

Bagian Lima: pada detik ke--25, sebuah obyek gelap terlihat di dalam air, bisa apa pun. Lalu terdapat cuplikan mengenai sesuatu yang tampak seperti kapal nelayan (kawanan burung camar mengikuti mereka) tetapi bukan perahu motor cepat. Sebuah pangkalan minyak sekali lagi terlihat. Sebuah kilasan helikopter. Tidak ada perahu motor cepat yang tampak. Kapal-kapal AS tidak lagi berbaris. Selesai.

Tidak ada kotak-kotak putih di dalam air.

Tidak ada suara misterius yang mengancam akan meledakan.

Media arus utama telah memiliki video di atas selama tiga hari sebelumnya, namun mereka masih saja berbicara mengenai “Monyet Filipina” seolah-olah ia mempunyai keterkaitan. Tidak ada suara seperti itu dalam video dari peristiwa itu sehingga semua perbincangan mengenai “Monyet Filipina” itu hanyalah propaganda. Mereka harus ditanya kapan suara populer itu terdengar, jika memang pernah ada? Apakah sebelum atau setelahnya? Siapa yang memutuskan untuk menyatukan dua insiden yang terpisah dalam suatu pernyataan yang asli? Idem ditto dengan “kotak-kotak putih ganda”. Jika semua itu benar-benar ada, kapan, di mana, dan di bawah kondisi bagaimana karena semua itu tidak tampak dalam video tersebut. Lagi, siapakah yang memutuskan untuk menyatukan kedua kejadian yang terpisah itu?


sumber: newshoggers

◄ Newer Post Older Post ►