Avertebrata Air


Udang Kipas Thenus orientalis

 
Gambar 5. Udang Kipas
                Sumber : dokumentasi pribadi

 Udang kipas (Thenus orientalis) memiliki nama lokal yang sangat beragam, diantaranya adalah udang pasir dan udang sikat. klasifikasi udang Kipas Menurut Holthuis L.B adalah sebagai berikut:
Kingdom         : Animalia
Filum               : Arthropoda
Ordo               : Decapoda
Sub ordo         : Macrura Reptantia
Family             : Scyllaridae
Sub famili        : Theninae
Genus              : Thenus
Spesies            : Thenus orientalis           
         
Morfologi dan Anatomi Udang Kipas (Thenus orientalis)
Udang kipas (Thenus orientalis) memiliki tubuh yang diselimuti kulit yang keras berzat kapur. Kerangka pada bagian kepala sangat tebal, melebar pipih, dan ditutupi duri-duri besar dan kecil. Pada ujung kepala di atas mata terdapat dua tonjolan keras, yang diantara tonjolan tersebut terdapat lekukan yang berduri. Jumlah kakinya enam pasang (Djuwariah 2005). Ekornya seperti kipas berwarna coklat tua dan pucat. panjang badan umumnya 8-10 cm, ada yang sampai 15-25 cm. Hidup di perairan pantai paparan benua dengan dasar rumput berpasir, di semua propinsi mulai dari Aceh sampai Irian Jaya (BAKOSURTANAL 2001).

Distribusi Udang Kipas (Thenus orientalis)
            Udang kipas (Thenus orientalis) mempunyai sebaral geografis yang luas di perairan Indo-Pasifik Barat. Walaupun sebarannya luas, namun kelompok udang ini biasanya tidak terlalu besar (Djuwariah 2005). Para nelayan daerah Blanakan, Subang, sering mendapatkan udang jenis ini di Bangka Belitung dan Sumatera.

Alat Tangkap
Masyarakat nelayan Blanakan, Subang, mendapatkan udang ini sebagai tangkapan sampingan dengan menggunakan cantrang. Namun menurut Djuwariah (2005) udang kipas juga merupakan hasil tangkap samping dari pukat udang.

Nilai Ekonomis dan Ekologi Udang Kipas (Thenus orientalis)
            Udang kipas merupakan hewan konsumsi yang relatif murah. Salah satu daerah produksi udang kipas di Indonesia adalah Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Selain untuk keperluan konsumsi lokal, udang kipas bersama produk perikanan lainnya seperti rajungan, kepiting bakau dan bandeng diekspor ke Singapura, Hongkong, Korea, dan Amerika Serikat (Djuwariah 2005). 


Daftar Pustaka :
Suabani, Waluyo. H.R. Barus. 1989. Alat Penangkapan Ikan Dan Udang Laut Di Indonesia. Jakarta : Balai Penelitian Perikanan Laut.

Gunarso W. 1989. Tingkah Laku Ikan dalam Hubungannya dengan Alat, Metode dan Teknik Penangkapan Ikan. Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor.

Laksono U. 1983. Suatu studi tentangPenggunaan Ikan Lemuru sebagai Umpan pada Perikanan Rawai Tuna di PT Pelabuhan Samudera Besar Benoa, Bali. Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor.
 
◄ Newer Post Older Post ►