Condi Rice Pernah Syok dengan Sikap Israel


Memoar Condi Rice
TERNYATA banyak pemimpin Barat tak menyukai politikus Israel. Beberapa waktu lalu, Presiden Perancis Nicolas Sarkozy mengaku muak kepada PM Israel Benjamin Netanyahu. Kini, giliran mantan Menteri Luar Negeri AS Condoleezza Rice yang mengaku pernah syok setelah mendengar pernyataan koleganya, mantan Menlu Israel Tzipi Livni.

Apa yang dikatakan Livni?

Dalam memoarnya, “No Higher Honor”, halaman 282, Condi Rice mengisahkan pertemuan dia dengan Livni. Saat itu, Livni mengatakan bahwa Israel tak akan menghormati Resolusi PBB 194. Resolusi itu mengamanatkan hak pulang pengungsi Palestina. Kata Livni, Israel tak akan patuh karena resolusi itu mengancam “kemurnian” etnis Yahudi di Israel.

Condi pun menulis (terjemahan bebas):
“…meskipun memahami argumen itu secara intelektual, saya merasa itu pembelaan kasar terhadap kemurnian etnis negara Israel ketika Tzipi mengatakannya. Itulah salah satu percakapan yang mengguncang perasaan saya sebagai orang Amerika. Bagaimanapun, prinsip dasar ‘orang Amerika’ menolak batasan etnis dan agama terhadap kewarganegaraan.” (jemala)
◄ Newer Post Older Post ►