171 Tewas, Putin Nyatakan Berkabung Nasional



171 Tewas, Putin Nyatakan Berkabung Nasional
AFP
 


Presiden Russia, Vladimir Putin, mengumumkan hari berkabung nasional di hari ini, Senin (9/7/2012), setelah banjir bandang menerjang wilayah selatan Russia dalam beberapa hari terakhir menewaskan sebanyak 171 orang.

Hari berkabung nasional itu, juga mengenang 14 warga Rusia yang tewas dalam sebuah kecelakaan bus, di Ukraina, di hari Sabtu. Bus itu terjungkal masuk ke dalam selokan, ketika dalam perjalanan menuju sebuah biara.

Namun jumlah korban lebih tinggi, terjadi dalam peristiwa banjir bandang di wilayah Krasnodar Rusia dekat Laut Hitam, dalam beberapa hari terakhir. Seorang juru bicara Kementerian Dalam Negeri Rusia mengatakan banjir itu telah menewaskan sebanyak 171 orang.

Sebagian besar korban yang berjumlah 159 orang, menurut Kementerian Dalam Negeri Russia ditemukan di sekitar Kota Krymsk, sebuah kota yang ditinggali oleh 57 ribu orang.
Menurut keterangan sejumlah penduduk, hujan deras melanda selama beberapa hari terakhir dan memicu naiknya permukaan laut hingga tujuh meter, dan membanjiri rumah penduduk, di hari Jumat pekan lalu.

Sementara 10 orang korban lainnya, ditemukan di Kabupaten Gelendzhik dan dua orang di Pelabuhan Laut Hitam, Novorossiysk.
Banjir besar itu, juga mengakibatkan sebanyak 20 ribu orang warga Russia, mengungsi dari rumah mereka.

Pemerintah Russia, telah mengucurkan uang sebesar 304 US Dollar, untuk setiap kepala rumah tangga, yang rumah mereka hancur diterjang banjir bandang.
Negeri Paman Sam, Amerika Serikat (AS), menyatakan siap memberikan bantuan dalam proses pemulihan pascabanjir Russia. (cnn)








◄ Newer Post Older Post ►