Kisah di Balik Persaingan Apple dan Samsung

Seperti tiada habisnya perseteruan antara perusahaan Apple dan Samsung kian hari kian memanas saja. persidangan tahap selanjutnya telah berlangsung kemarin , tepatnya pada tanggal 30 juli. Hasil dari persidangan itu sendiri masih menjadi sebuah berita yang simpang siur, karena memang belum ada penjelasan secara terperinci baik dari kedua belah pihak.
Mungkin sebagian orang masih bingung apa sebenarnya permasalahan yang menyebabkan perseteruan antara du aperusahaan besar ini. Berikut ini adalah ulasan sedikit tentang apa penyebab, kapan, dan apakah yang sebenarnya mereka inginkan.
Kapan Perseteruan ini di mulai ?
Perseteruan ini di mulai saat perusahaan Apple mengajukan sebuah tuntutan hukum kepada pihak Samsung pada tanggal 15 April 2011. Dan beberapa hari kemudian berbalik giliran pihak Samsung yang mengajukan tuntutan dan kedua kasus ini pun di putuskan untuk di satukan dan menjadi sebuah kasus pokok.
Apa yang Apple dan Samsung permasalahkan ?
Bermula dari pihak Apple yang  mengklaim bahwa pihak Samsung dengan secara sengaja telah menjiplak atau meniru desain dari iPhone dan iPad, berikut dengan kemasannya pada produk besutan Samsung yang bernama Samsung Galaxy dan Samsung Tab. Pihak Apple pun telah menyiapkan daftar hak paten yang telah di langgar oleh pihak Samsung dan sebuah persentasi grafis yang menunjukan perubahan desain dari produk Samsung Glaxy dan Samsung Tab sebelum dan sesudah munculnya produk iPhone dan iPad.
Dan sebaliknya pihak Samsung membantah semua tuduhan dan klaim yang di lakukan oleh Apple dan pihak Samsung pun meberikan komentar yaitu bahwa Costumer Electronics secara rutin mencari inspirasi dari produk – produk di masa lalu. Tidak mau kalah dengan pihak Apple, pihak Samsung pun telah menyiapkan persentasi grafis yang menunjukan bahwa perusahaan tersebut pernah membuat dan meluncurkan sebuah produk Mock-Up ponsel dengan Full-Touch Interface sebelum iPhone hadir dan memasuki pasar. Dan untuk menyerang balik pihak Apple, pihak Samsung pun mengatakan bahwa justru pihak Apple lah yang telah melanggar hak paten milik perusahaan Samsung terkait dengan penggunaan teknologi pada ponsel, Pc Tablet dan produk lainnya.
Apa yang mereka inginkan ?
Tidak lain dan tidak bukan hal yang mereka inginkan kembali lagi yang pertama adalah uang dan yang kedua adalah pencekalan produk yang mereka klaim telah melanggar hak paten dari masing – masing perusahaan. Jika Apple meminta ganti rugi terhadap pihak Samsung senilai 2.52 miliar Dollar AS. Pihak Samsung menuntut pihak Apple dengan meminta ganti rugi atau royalty dari produk – produk Apple yang melanggar hak paten senilai 2.4 persen dari setiap nilai jual produk Apple
◄ Newer Post Older Post ►