Suriah bantah kerja sama dengan Iran dalam investigasi pembunuhan Mughniyah

Suriah membantah klaim Iran bahwa kedua negara akan melakukan investigasi bersama terhadap pembunuhan komandan militer Hizbullah, Imad Mughniyah, demikian disampaikan kantor berita Suriah.

Imad Mughniyah yang merupakan orang paling dicari Amerika Serikat dan Israel pada Selasa malam, 12 Februari, usai menghadiri peringatan Revolusi Islam Iran di Damaskus, terbunuh oleh sebuah ledakan bom mobil.

Pada Jumat, 15 Februari, Deputi Menteri Luar Negeri Iran, Ali Reza Sheikh Attar, menyampaikan hasil pertemuan menlu Iran dengan Suriah, yang salah satunya adalah pembentukan investigasi bersama atas kasus ini.

Namun, seorang pejabat Suriah yang tidak ingin namanya disebutkan mengatakan kepada kantor berita negaranya bahwa klaim itu sama sekali "tidak berdasar", dan bahwa Suriah akan melakukan investigasi itu sendiri.

Beberapa analis melihat bantahan Suriah ini, setelah sebelumnya banyak dilaporkan mengenai pembentukan tim investigasi bersama, merupakan indikasi adanya perpecahan di Damaskus dalam memandang kasus Mughniyah.


Powered by Qumana

◄ Newer Post Older Post ►