Iran Usulkan Sidang Darurat OKI bagi Aksi Brutal Israel terhadap Warga Sipil Gaza

Menteri Luar Negeri Republik Islam Iran, Manouchehr Mottaki menyerukan kepada Organisasi Konferensi Islam untuk menyelenggarakan pertemuan darurat pada level menlu demi menyikapi kejahatan rezim Zionis di Gaza akhir-akhir ini.

Seperti dilaporkan Tehran Times, seruan itu dikirimkan melalui surat yang diantarkan oleh dutabesar Iran untuk OKI, Mostafa Borujerdi, kepada Sekjen OKI Ekmeleddin Ihsanoglu pada Minggu (20/01). Surat itu juga berisi kecaman terhadap kekerasan dan kejahatan Israel di Gaza.

Sementara itu, Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad menghubungi Perdana Menteri Malaysia Abdullah Ahmad Badawi untuk mendiskusikan pentingnya pertemuan darurat itu bagi organisasi yang menaungi 57 negara Muslim tersebut.

Israel sejak Selasa (8/01) semakin meningkatkan operasi di Jalur Gaza yang menyebabkan 36 warga sipil Gaza tewas terbunuh, jumlah terbesar sejak Hamas mengambilalih wilayah yang berbatasan dengan Mesir itu.

Selain itu, Israel juga mengumumkan penutupan total bagi perbatasan-perbatasan ke dan dari Gaza serta menghentikan pasokan bahan bakar sehingga berbagai sarana vital kemanusiaan, seperti rumah sakit, tidak bisa beroperasi.

Pada Sabtu (19/01), Sekjen OKI Ihsanoglu telah mendesak PBB untuk mengintervensi demi menghentikan pembantaian warga sipil di wilayah yang terkucil itu.

◄ Newer Post Older Post ►