Jadwal Ujian Nasional ditetapkan

Rembang-Pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan Nasional telah menetapkan jadwal ujian nasional (UN) tahun 2011. Untuk tingkat SMA/MA/SMK dijadwalkan pada tanggal 18 April hingga 21 April 2011, Sedangkan UN tingkat SMP/MTS, tanggal 25-28 April 2011,


Dihadapan kepala sekolah SMA-MA-SMK-SMP dan MTs se-kabupaten Rembang Kepala Dinas Pendidikan Dandung Dwi Sucahyo melalui Kepala Bidang Kurikulum Sugiarto saat sosialisasi UN tahun pelajaran 2010-2011 di aula SMAN 3 Rembang menyebutkan, penetapan jadwal UN tahun ini diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 45 mengenai kriteria kelulusan dan nomor 46 mengenai Pelaksanaan Ujian Nasional (UN).


Lebih Lanjut Sugiarto menyampaikan, dalam UN 2011 untuk SMA dan MA diujikan enam mata pelajaran, yakni Program IPA terdiri Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Biologi, dan Fisika. Program IPS meliputi Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Geografi, dan Ekonomi dan untuk Program Bahasa adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Asing lain yang diambil, Sejarah Budaya/Antropologi, dan Sastra Indonesia.


Sugiarto menjelaskan, mapel UN untuk sekolah berbasis keagamaan yakni, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ilmu Tafsir, Ilmu Hadis, dan Ilmu Kalam. Adapun untuk UN SMK 2011 mata ujian terdiri Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Teori Kejuruan, dan Praktek Kejuruan. Sedangkan untuk jenjang pendidikan SMP/MTS, mapel diujikan meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA.


Kabid Kurikulum Sugiarto menambahkan, sebelum kelulusan diumumkan, sekolah wajib mengirimkan hasil nilai sekolah untuk digabungkan dengan hasil nilai UN ke Kemdiknas. Selanjutnya, setelah digabungkan dengan formula 60 persen UN ditambah dengan 40 persen nilai sekolah, nilai tersebut dikembalikan lagi ke sekolah. Kemudian sekolah merekapitulasi dengan tujuh mata pelajaran lain yang harus lulus.


◄ Newer Post Older Post ►