Wujudkan Peningkatan ekonomi rakyat dengan membangun pasar Krikilan.

Rembang-Pasar Desa Krikilan Kecamatan Sumber yang sebelumnya terkesan kumuh dan tidak layak, kini telah berubah menjadi sebuah pasar yang indah, bersih, dan nyaman. Pasar yang dibangun diatas tanah milik desa Krikilan seluas sekitar 1.250 m2 tersebut terdiri atas 42 kios dan 244 los, dilengkapi sejumlah fasilitas antara lain kantor pasar, area parkir, depo sampah dan MCK.


Kepala Bagian Humas Setda Rembang HM Daenuri mengatakan, Pasar desa krikilan yang telah ditempati pedagang mulai tanggal 19 januari lalu merupakan salah satu wujud pemkab Rembang merealisaikan program 4 pilar strategis pembangunan melalui program peningkatan ekonomi rakyat. Agar para pedagang bisa menempati pasar yang bersih dan layak, sehingga bisa mendatangkan pembeli luar daerah dan membantu memperlancar jalur perekonomian masyarakat.


Daenuri mengatakan, pasar desa krikilan rencananya hari sabtu ini akan dilaunching oleh Bupati, Selain itu Pemkab dalam waktu dekat ini juga mengembangkan pada pasar desa lain yakni Pasar kedungasem dengan melibatkan investor, dan Pengembangan pasar daerah di pasar Sedan.


Kepala Desa Krikilan Sukirno menjelaskan, pelaksanaan revitalisasi Pasar Desa Krikilan dilakukan mulai awal Oktober 2010. Dalam rangka revitalisasi pasar tersebut Pemerintah Kabupaten Rembang dan Pemerintah Desa Krikilan menggandeng CV Karya Manunggal dari Kabupaten Demak sebagai investor .


Dikatakan Sukirno, Dengan ditempatinya bangunan pasar yang baru , diharapkan pasar desa krikilan menjadi representatif bagi masyarakat, dalam arti bersih, nyaman, akses mudah, fasilitas memadai,


Sementara itu Komisaris CV Karya Manunggal H Giyanto mengatakan, tujuan awal revitalisasi Pasar Krikilan adalah untuk meningkatkan taraf hidup para pedagang khususnya dan masyarakat pada umumnya, oleh karena itu secara prioritas pasar tersebut diperuntukkan bagi pedagang lama yang mempunyai ijin dan masyarakat umum yang berminat untuk berinvestasi ke Pasar Krikilan.


Lebih lanjut dikatakan Giyanto, Total Anggaran Biaya Revitalisasi Pasar desa Krikilan sebesar Rp 2,4 Milyar lebih. Hingga saat ini jumlah pedagang yang mendaftar sebanyak 150 orang dan diperkirakan akan bertambah lagi.


Terpisah Ruswiyati (32 tahun), salah seorang pedagang menyatakan kegembiraanya dengan dibangunnya pasar desa Krikilan, karena kondisi pasar sekarang bersih, dan saat hari pasaran nantinya para pedagang maupun pembeli juga gak semrawut di pinggir jalan raya. Ruswiyati berharap agar kedepan Pasar Desa Krikilan tidak hanya buka 3 kali seminggu tetapi bisa buka setiap hari.

◄ Newer Post Older Post ►