Pemkab Rembang Siap Salurkan Raskin Ke 13

Rembang-Karena pelaksanaan distribusi raskin alokasi tahun 2011 baru disosialisasikan pertengahan bulan Januari ini, Gubernur Jawa Tengah H. Bibit Waluyo menginstruksikan agar pemerintah kabupaten atau kota menyalurkan raskin ke 13. Diharapkan sebelum pelaksanaan rakor raskin di tiap kabupaten atau kota digelar, raskin ke 13 tersebut sudah disalurkan ke rumah tangga sasaran (RTS).


Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Sekertariat Daerah Muntoha mengatakan, untuk mengurangi beban masyarakat kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan pangan, maka Gubernur Jawa tengah telah mengirim surat pemberitahuan kepada pemkab atau pemkot untuk menyalurkan raskin ke 13 di bulan Januari ini. Tiap RTS nantinya akan menerima raskin sebanyak 15 kilogram dengan harga tebus Rp 1.600


Sesuai dengan petujuk teknis pelaksanaan distribusi raskin ke 13, sebut Munthoha, Raskin baru distribusikan apabila telah melunasi pembayaran raskin tambahan 2 kilogram kali 7 bulan yang disalurkan pada bulan Desember lalu. Oleh karena itu dihimbau agar desa-desa yang belum melunasi secepat mungkin membayar pelunasan agar segera menerima raskin ke 13.


Ditambahkan oleh Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Muntoha, dari laporan Satker raskin Kabupaten Rembang, dari total uang penebusan raskin tambahan sejumlah Rp. 1.576.377.600, baru tertagih sekira 88%, dan belum terbayar sekira Rp 200 juta- an. Dari 14 kecamatan se-kabupaten Rembang, baru 2 kecamatan yang telah lunas, yakni lasem dan Gunem.


Sementara untuk raskin ke 13, pemkab Rembang akan menyalurkan beras sebanyak 1.055.610 kilogram kepada 70.374 rumah tangga sasaran, dengan harga tebus Rp 1.600 per kilogram


Terpisah, Kepala Gudag Dolog Rembang Handoko menjelaskan, pihaknya siap menyalurkan raskin ke 13 di bulan januari ini. Stok beras di gudang Dolog sendiri mencukupi, hingga Maret 2011 dan masih ada persediaan sekira 4000 ton.


Handoko lebih lanjut menyampaikan, untuk pendistribusian raskin tahun 2011 juga tidak akan menemui kendala. Karena pada bulan Januari dan Februari lahan pertanian di kabupaten Rembang mulai panen raya, dan akan dilakukan pengadaan beras untuk menambah jumlah stok raskin alokasi tahun ini.


◄ Newer Post Older Post ►