Profile Group Band: The Cardigans

PERSONAL
The Cardigans adalah band asal Swedia yang dibentuk di kota Jonkoping pada 31 Oktober 1992. Band yang dimotori oleh Lars-Olof Johansson (keyboardist), Bengt Lagerberg (drummer), Nina Persson (singer), Magnus Sveningsson (bassist), dan Peter Svensson (guitarist) ini total telah mengeluarkan 6 buah album.

KARIR
Band beraliran alternative rock ini pertama kali mengeluarkan album pertama pada tahun 1994 bertajuk EMNERDALE dengan hit single Rise and Shine yang langsung merajai tangga lagu di Swedia.

Kesuksesan ini dilanjutkan dengan rilisnya album kedua mereka berjudul LIFE tahun 1995. Album ini langsung meraih sukses internasional dan terjual jutaan kopi di seluruh dunia.

Tahun 1996 di bawah bendera rekaman Mercury Records mereka kembali merilis album berjudul FIRST BAND ON THE MOON. Lagu Lovefool yang ada di album ini langsung menarik banyak pendengar. Lagu ini juga meraih sukses gold sales status di Amerika. Lovefool ditampilkan sebagai pengisi soundtrack film ROMEO + JULIET dan juga film CRUEL INTENTIONS (1999).

Di tahun 1999 bersama dengan Tom Jones (seorang penyanyi Inggris). Mereka berkolaborasi menciptakan lagu Burning Down the House yang terdapat di album Tom Jones yaitu RELOAD.

Sekitar tahun 2000, band ini memutuskan untuk berhenti sejenak dari dunia musik. Proses vakum ini membuat sang vokalis yaitu Nina Persson merilis sebuah album pribadi yaitu A CAMP.

Tahun 2003, The Cardigans kembali aktif di dunia music. Kembalinya mereka ini ditandai dengan album berjudul LONG GONE BEFORE DAYLIGHT yang sebagian lagunya banyak ditulis oleh Persson dan Svensson. Album ini berisikan lagu berjudul For What It’s Worth, You’re The Storm, Live and Learn, dan masih banyak lagi.

The Cardigans juga melirik penjualan album secara digital melalui iTunes. Pada 19 Oktober 2005, band ini mengeluarkan album keenam yaitu SUPER EXTRA GRAVITY yang juga langsung meraih sukses di Swedia.

Tahun 2007 lagi–lagi band ini memutuskan untuk vakum dan kembali sekitar tahun 2008 dengan membawa album berjudul BEST OF.

Hingga saat ini band ini masih aktif dengan banyak rangkaian tur. Mulai dari Summer Sonic Rock Festival yang digelar di Tokyo, Moscow, Tel Aviv hingga Java Rockin’ Land yang terselenggara di Jakarta.

Rencananya, hari ini pada tanggal 14 Agustus 2012, The Cardigans akan menggelar konsernya di Jakarta. Acara yang digelar di Tennis Indoor Senayan.



DISKOGRAFI

EMMERDALE (1994)
LIFE (1995)
FIRST BAND ON THE MOON (1996)
GRAN TURISMO (1998)
LONG GONE BEFORE DAYLIGHT (2003)
SUPER EXTRA GRAVITY (2005)

oleh: Febrianti Diah Kusumaningrum


Sumber: kapanlagi.com
◄ Newer Post Older Post ►