Kembangkan Potensi Perikanan

Rembang-Dari beragam potensi Kabupaten Rembang yang dikembangkan di antaranya perikanan, pariwisata, pertanian, perindustrian,perdagangan, kehutanan dan juga pertambangan. Sektor perikanan mempunyai kontribusi yang cukup besar terutama dalam mendapatkan Pendapatan Daerah. Oleh karena itu sektor perikanan menjadi sektor unggulan bagi Kabupaten Rembang untuk dikembangkan.


Menurut Bupati Rembang H. Moch Salim, berdasarkan data dari Dinas Kelautan dan Perikanan, di Kabupaten Rembang terdapat 14 TPI (Tempat Pelelangan Ikan), dimana yang aktif beroperasi ada 9 TPI yang tersebar di 6 kecamatan di sekitar kawasan pesisir kabupaten Rembang, yaitu Kaliori, Rembang, Lasem, Sluke, Kragan, dan Sarang.


Bupati mengungkapkan, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Rembang telah menyiapkan langkah - langkah untuk mengembangkan usaha dibidang kelautan dan perikanan. Langkah – langkah tersebut ialah Revitalisasi TPI se-Kabupaten Rembang, Pengembangan TPI Terpadu, Modernisasi kapal penangkap ikan, fasilitas perijinan usaha dan kerja sama antar daerah. Selain itu Dinlutkan wacanakan membangun pasar ikan di TPI Tasik Agung dibagian selatan, sedangkan kegiatan TPI Tasikagung sendiri dibagian barat.


Bupati menjelaskan, untuk menambah luas lokasi TPI Tasikagung, pada tahun 2011 ini diharapkan akan ada reklamasi untuk menambah luas lokasi TPI Tasikagung menjadi 10 hektar. Melalui langkah-langkah tersebut diharapkan ada peningkatan produksi perikanan laut sebesar 100 persen, terbangunnya TPI Binangun terpadu dengan fasilitas yang memadai, terintegrasi dengan sektor pariwisata dan perdagangan, seperti wisata bahari, wisata kuliner yang menjual produk olahan hasil perikanan, docking dan lain-lain. Selain itu juga adanya kelengkapan surat-surat bagi nelayan untuk kenyamanan dan keselamatan berlayar.


Bupati mengharapkan, target produksi perikanan laut dari tahun ketahun selalu mengalami peningkatan secara signifikan. Pada tahun 2011 ini diharapkan produksi perikanan laut sebesar 39 jutaan kg dengan nilai produksi 194 milyar lebih, tahun 2012 sebesar 41 jutaan Kg dengan nilai produksi 199 Milyar lebih, tahun 2013 sebesar 44. jutaan Kg dengan nilai produksi 204 milyar lebih, tahun 2014 sebesar 46 jutaan kg, nilai produksi 209 milyar lebih dan tahun 2015 diharapkan produksi ikan mencapai 48 jutaan, dengan nilai produksi 214 milyar lebih.


Selain itu menurut Bupati, pada tahun 2010 lalu Kabupaten Rembang telah ditetapkan sebagai salah satu Kabupaten Minapolitan. Dan dalam jangka waktu lima tahun mendatang, akan dikembangkan kawasan Minapolitan yang meliputi kawasan Minapolitan PerikananTangkap, Kawasan Minapolitan Perikanan Budidaya, Kawasan Minapolitan Pengolahan dan Kawasan Pesisir yang dalam hal ini adalah Kawasan Minapolitan Garam.

◄ Newer Post Older Post ►