SOSIALISASI PENGEMBANGAN PROGRAM POSDAYA DI HSS


Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan bekerjasama dengan BKKKS Propinsi Kalimantan Selatan, LB2T Propinsi Kalsel, KKKS Kab HSS dan PT.Adaro Indonesia menyelenggarakan Sosialisasi Pengembangan Program POSDAYA di HSS. Senin (31/1) bertempat di Aula Dinas Kessos dan Penanggulangan Bencana.

Dalam sambutan tertulis Bupati yang di bacakan oleh Kepala Dinas Kessos dan Penanggulangan Bencana Drs.H.Muhyanie Rizalie,M.Si menyatakan bahwa tujuan dari POSDAYA ingin mensejahterakan rakyat. Hal tersebut senada dengan tujuan Pemkab HSS yang sekarang sedang melaksanakan program ampih miskin yang menginginkan masyarakatnya maju, sejahtera serta terpenuhinya kebutuhan ekonomi secara merata. Dengan masuknya POSDAYA di HSS agar dapat mengembangkan program pemberdayaan dengan kearifan lokal supaya masyarakat mengambil peran dalam memberdayakan dirinya.

Oleh karena itu, Beliau berharap sosialisasi POSDAYA ini nantinya dapat memberikan pendalaman pengertian kepada para peserta, yang kemudian ditindaklanjuti dengan menumbuh kembangkan POSDAYA di HSS melalui forum komunikasi masyarakat yang diarahkan untuk mendukung penyegaran fungsi keluarga.

Hj.Latifah Said selaku Ketua BKKKS Propinsi Kalsel menyatakan bahwa program POSDAYA di Kalsel mulai sejak tahun 2008 yang di awali di Kota Banjarmasin, dan sampai sekarang berhasil dikembangkan sebanyak 300 POSDAYA dari berbagai kelompok-kelompok yang ada di masyarakat. Kegiatan tersebut dalam rangka mengembangkan tanggung jawab kader-kader yang ada di masyarakat pedesaan yang selama ini telah aktif menjalankan partisifasi masyarakat dalam rangka turut memberdayakan masyarakat pedesaan melalui pendekatan kekeluargaan. Melalui pendekatan POSDAYA, peran kader akan dilatih lebih intensif sehingga semakin terampil.

H.Abdul Sani selaku Ketua Pelaksana menyampaikan laporannya yakni peserta sosialisasi tersebut sebanyak 62 orang dari 2 Kecamatan yang terdiri dari Kecamatan Kandangan dan Padang Batung. Adapun Kecamatan Kandangan ada 2 Kelurahan yakni Kelurahan Kandangan Utara dan Kandangan Kota. Dan Kecamatan Padang Batung ada 2 desa yaitu desa Padang Batung dan Karang Jawa. Adapun sebagai Narasumber berjumlah 2 orang yakni 1 orang dari Dinas Kessos dan Penanggulangan Bencana dan 1 orang dari BKKKS Propinsi Kalsel. (siska_hms)

◄ Newer Post Older Post ►