Infrastruktur Rembang Siap Dukung Investasi

Rembang-Besarnya potensi tambang yang dimiliki Kabupaten Rembang ibarat magnet yang mampu menarik Investor. Oleh karena itu Sekda Rembang H. Hamzah Fatoni SH, M.Kn menegaskan kesiapan Kabupaten Rembang untuk menerima investor yang ingin berinvestasi dikabupaten Rembang. Hal tersebut dibuktikan dengan akan beroperasinya infrastruktur pendukung seperti pelabuhan umum nasional, PLTU dan pelebaran akses jalan menuju pantura dari semula 4-5 meter menjadi 6-7meter.


Menurut Sekda, pelebaran jalan dilakukan untuk mengantisipasi lalu lintas kendaraan umum yang mengangkut barang – barang tambang dalam volume besar dari atau menuju pelabuhan Sluke maupun pabrik semen nantinya. Sekda menjelaskan ruas jalan seperti Pandangan Sedan, Sarang Sedan, Sedan-Karas, sampai ke jalan sale menuju mrayun dan jatirogo sertaTireman-Pamotan yang sering dilalui truk – truk pengangkut bahan tambang itu akan dilebarkan dalam rangka peningkatan jalan, agar mampu dilalui kendaraan dengan kapasitas 10 ton, serta meningkatkan kelancaran lalulintas. Sedangkan akhir tahun 2010 lalu Pemkab Rembang sudah mulai melebarkan jalan Tireman-Pamotan.


Selain jalan yang berhubungan ke pantura, Sekda menyampaikan, jalan antar kecamatan lainnya seperti Sulang-Pamotan, Sulang krikilan dan krikilan Sumber juga akan diperlebar. Sedangkan untuk mempermudah transportasi dari tambang menuju pabrik, Pemkab Rembang berencana membuat jalan tambang sebagai infrastruktur transportasi bahan galian dari lokasi penambangan ke pabrik agar relatif mudah dilakukan, sehingga tidak memakan biaya yang besar. Ruas jalan tambang yang akan diperbaiki adalah wonokerto- tegaldowo dan sadang-kajar.


Menurut Sekda, proses pembuatan jalan tambang sekarang sedang dalam pengajuan ijin ke Perum perhutani unit I Jateng, karena lahan yang digunakan adalah milik perhutani. Umumnya jalan tersebut sudah tersedia namun kondisinya masih kurang layak, dan peranan Pemkab hanya memperbaiki kualitas jalan tersebut agar layak digunakan untuk angkutan truk bermuatan besar.


Sekda menambahkan, jika seluruh jalan sudah dilebarkan, akan mendukung pengoperasian pelabuhan umum nasional maupun rencana berdirinya pabrik semen di sekitar Sale dan Gunem.

◄ Newer Post Older Post ►