Peranan Cacing Tanah terhadap Perubahan Sifat Biologi Tanah:


Cacing tanah atau Earthworm merupakan makroorganisme tanah yang hidup dalam tanah dengan sumber makanan dari bahan organik yang ada dalam tanah. Cacing tanah membantu dalam perombakan bahan organik yang ada dalam tanah menjadi berbagai senyawa dan ion yang sebagian besar berupa hara yang lebih mudah tersedia bagi tanaman. Selain itu, senyawa dan ion tersebut juga dapat dimanfaatkan oleh berbagai organisme tanah lainnya, baik bermanfaat bagi makroorganisme tanah lainnya, maupun mesoorganisme tanah dan mikroorganisme tanah, sehingga merangsang pertumbuhan dan perkembangan aktivitas biologis dalam sistem tanah tersebut.
Cacing tanah menghasilkan kotoran cacing yang disebut sebagai "Kotcing". Kotcing (kotoran cacing) mengandung ion fosfat dengan kadar yang tinggi. Ion Fosfat merupakan salah satu ion essensial baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman, maupun untuk pembelahan sel dan pembesaran serta perkembangan sel dari berbagai organisme tanah.
Beberapa perbaikan sifat biologi tanah dari peranan Cacing tanah:
(1) Cacing tanah bermanfaat dalam meningkatkan aktivitas organisme tanah,
(2) Cacing tanah bermanfaat dalam menigkatkan keragaman organisme tanah.
(3) Cacing tanah bermanfaat meningkatkan populasi organisme tanah.


Earthworm Role of Change Nature of Soil Biology:
Earthworm Earthworms are makroorganisme land or living in a land with food sources of organic matter present in soil. Earthworms help in the renovation of existing organic matter in the soil into the various compounds and ions, mainly the nutrients more easily available to plants. In addition, the compounds and ions can also be utilized by a variety of other soil organisms, both beneficial for makroorganisme other land, or mesoorganisme soil and soil microorganisms, thus stimulating growth and development of biological activity in soil systems.
Earthworms produce worm manure called as "Kotcing". Kotcing (worm feces) containing phosphate ions with a high level. Ion Phosphate is one of the essential ions for both plant growth and development, as well as for cell division and cell enlargement and the development of various soil organisms.
Some biological properties of soil improvement of the role of earthworms:
(1) Earthworms beneficial in increasing the activity of soil organisms,
(2) Earthworms beneficial in improving the diversity of soil organisms.
(3) Earthworms increase the population of beneficial soil organisms.

◄ Newer Post Older Post ►