Tips Memilih Kuda Laut untuk Pemeliharaan

Kuda laut bisa dibeli di toko-toko ikan hias yang menyediakannya. Pilihlah kuda laut yang dalam keadaan sehat. Kuda laut yang sehat, bisa dilihat dari dadanya yang tidak tampak kurus. Kuda laut yang tampak kurus didadanya menunjukkan ikan tersebut sudah lama tidak makan, atau sudah terlalu lama di toko ikan tersebut. Periksalah juga terhadap kemungkinan sakit, terluka, dan kemungkinan buruk lainnya. Jika memungkinkan, pilihlah yang mau menerima makanan yang diberikan.
Kuda laut juga merupakan ikan hias laut yang dikembangkan dalam akuarium. Jika pembeli lebih dari satu, sedapat mungkin pilihlah satu ekor jantan dan beberapa betina. Kuda laut jantan lebih dari satu dalam sebuah akuarium dapat berebut tempat kekuasaan, sehingga terjadi perkelahian di antaranya. Kuda laut jantan dapat diketahui dari semacam kantung di daerah perutnya. Sedang kuda laut betina, tidak mempunyai kantung ini. Untuk diketahui, kuda laut betina memang mengeluarkan telurnya, tetapi kuda laut jantanlah yang memelihara telur-telur itu dalam kantungnya hingga burayak kuda laut cukup kuat untuk hidup di alam bebas. Kantung pada kuda laut jantan itu mirip dengan kantung kanguru betina.
Cara yang sama, bisa digunakan untuk memilih ikan pipa. Juga hindarkan penempatan dua ikan pipa jantan dalam satu akuarium, karena mereka bisa berkelahi hingga mati.
Setelah kuda laut atau ikan pipa dipilih segera bawa pulang untuk ditempatkan ditempat tinggal baru mereka. Cara yang sama dengan penempatan ikan hias laut, yaitu penyesuaian suhu, salinitas, dan lain-lain, perlu dilakukan terlebih dahulu.
◄ Newer Post Older Post ►