Indramayu Gelar PPIP Lewat Empat Dinas Terkait

INDRAMAYU - Kabupaten Indramayu akan menggelar program pembangunan infrastruktur pedesaan (PPIP) melalui empat instansi teknis terkait, yang menjadi leading sector pembangunan di pedesaan. Keempatnya ialah Dinas Pekerjaan Umum (PU), Bina Marga, Dinas PU Cipta karya, serta Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Indramayu, Jawa Barat (Jabar).

Kepala Dinas PU Cipta Karya H Susanto mengemukakan, dalam rangka untuk membangun infrastruktur pedesaan serta mendukung peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) di Indramayu, maka usulan musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) segera disikapi dinas terkait.

Hal itu dibuktikan dengan menjadikan usulan tersebut sebagai skala prioritas di masing-masing dinas. Kegiatan pembangunan itu sendiri, menurut Susanto, meliputi pembangunan jalan lingkungan, jalan setapak, irigasi, senderan, embung termasuk penerangan jalan umum di desa.

Susanto menjelaskan, penentu dari pekerjaan itu masing-masing dari panitia di empat dinas. Pada intinya pemerintah bersama masyarakat menjalin komunikasi untuk membangun desa dengan baik. Dengan demikian, keduanya melaksanakan program pembangunan yang sinergis. Hal ini sebagai bentuk sebuah kepercayaan bersama antara pemerintah daerah dan masyarakat untuk mencapai kesejahteraan.

Terkait dengan program itu, Dinas Kebersihan dan Pertamanan akan melakukan program infrastruktur penerangan jalan umum di 31 desa yang tersebar di 13 kecamatan. Saat ini sudah ada 12.219 titik se-Kabupaten Indramayu yang diharapkan per desa mencapai 50 titik nanti. (suarakarya)

◄ Newer Post Older Post ►