Pelatihan Budidaya Belut

Kaliori-Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Rembang Bangkit Foundation, bekerjasama dengan pemkab Rembang hari rabu menggelar pelatihan kewirausahaan masyarakat pesisir berupa budidaya belut, di balai desa Banyudono, kecamatan Kaliori. Pelatihan budidaya belut diikuti oleh karang taruna dan kelompok nelayan desa Banyudono. Kegiatan dibuka oleh kepala Dinas kelautan dan Perikanan Ir suparman.


Pembina LSM Rembang Bangkit Foundation-Mohamad Nahdlotul Ulum mengatakan, dipilihnya desa Banyudono sebagai tempat pelatihan budidaya belut salah satunya sebagai upaya mengantisipasi nelayan menghadapi situasi cuaca ekstrim di laut.


Mohamad Nahdlotul Ulum menambahkan, dari pelatihan ini para peserta mendapatkan materi membangun jiwa enterpreneurship, peluang dan tantangannya, hubungan berwiraswasta dengan lapangan pekerjaan, membangun networking di dalam dunia usaha, cara budidaya belut yang baik, dan manjemen sederhana dalam usaha budidaya belut. Dengan menghadirkan narasumber dari dinas perindustrian, perdagangan, koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah, Dinas sosial, tenaga kerja dan transmigrasi, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Dinas pertanian dan kehutanan dan LSM Rembang BangkitFoundation.


Sementara itu kepala desa Banyudono-Bambang Puji Raharjo mengucapkan rasa terima kasih kepada LSM Rembang Bangkit Foundation yang telah memberikan pelatihan budidaya belut kepada warga desa setempat. Sehingga dapat mengangkat ekonomi masyarakat, karena budidaya belut sangat mudah dan ramah lingkungan dibanding budidaya lele.


◄ Newer Post Older Post ►