Berkomitmen memakmurkan warganya

Bulu-Demi menjaga kondusifitas dilingkungan desa, Kepala Desa Sumber Mulyo Kecamatan Bulu Suriyono telah berkomitmen agar semua perencanaan dan hasil pembangunan yang ada di desa dapat betul betul bermanfaat untuk kemakmuran warganya. Sejumlah program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat telah dilaksanakan


Contoh kecil upaya yang dilakukan misalnya memberikan penerangan jalan dan pagar di sekitar makam. Sebelumnya penerangan jalan di sekitar makam belum ada , dan banyak warga yang merasa ketakutan bila melalui jalan makam tersebut.


Sementara masalah air di desanya menurut Suriyono saat ini warganya sudah tidak perlu risau lagi untuk mendapatkan air bersih. Berkat adanya bantuan Program Peningkatan Infrastruktur Pedesaan ( PPIP ) yang direalisaikan tahun 2009 lalu telah memberikan manfaat bagi warga. Sejumlah bak penampung di semua pedukuhan saat ini sudah ada. Untuk titik sumber air dipusatkan di dukuh Juwani mengingat dukuh tersebut warganya cukup banyak.


Sementara untuk masalah pelayanan kesehatan, pihak desa pada tahun 2008 lalu telah membangun 3 gedung posyandu. Gedung ini dibangun di 3 titik yakni di Rt 03 Rw 01, lalu Rt 03 Rw 02 dan Rt 01 Rw 03. Sedangkan dananya berasal dari Program Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan ( PNPM MD ) tahun 2008 sebesar Rp 86 juta.

Dia menceritakan, desa Sumber Mulyo memiliki 5 pedukuhan meliputi dukuh Nganguk, Ngaglek, Juwani, Geduk Wetan dan Geduk Kulon. Dan 3 diantaranya yakni dukuh Nganguk, Ngaglek dan Juwani saat ini sudah memiliki talud jalan yang dibangun pada tahun 2007/2008 dan 2010.


Untuk tahun 2011 ini pihak desa telah membangun pagar dan pintu masuk balai desa sepanjang 52 meter, tinggi 150 cm. Sedangkan dana yang dipergunakan dari hasil lelang bondo deso sebesar Rp30 juta.

◄ Newer Post Older Post ►