Desa Plawangan miliki Puja Sera

Kragan-Program Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPMMD) pola khusus penanganan dampak krisis tahun 2010 yang di kucurkan untuk desa Plawangan Kecamatan Kragan di peruntukaan bagi pembangunan pusat jajan selera rakyat (Pujasera).


Kepala Desa Plawangan Ahmadi menjelaskan, pembangunan pujasera seluas 5 kali 23 meter berada diatas tanah milik desa dilengkapi fasilitas 6 unit kios, tempat parkir dan MCK. Hasil pembangunan Pujasera merupakan dana yang di terima desa Plawangan dari PNPMMD tahun 2010 sebesar 136 juta lebih dan swadaya dari masyarakat sekitar 2,5 juta lebih. Pembangunan fisiknya saat ini telah mencapai 80%, apabila pembangunannya telah selesai, nantinya kios kios tersebut akan disewakan bagi warga desa Plawangan.


Terpisah Penanggung Jawab Operasional Kecamatan (PJOK) Kecamatan Kragan Ismoyo mengatakan, dengan berdirinya kios puja sera ada 3 manfaat dan keuntungan yang didapat, yakni bagi pedagang bisa mendapat keuntungan dan mendapat kios yang layak karena tempatnya yang representatif, Bagi pembeli bisa membeli jajanan khas dari desa di wilayah Kecamatan Kragan maupun makanan khas dari Rembang dan bagi pihak desa mendapat kontribusi dari uang sewa kios dan parkir.

Ismoyo menambahkan, adanya program pemberdayaan kios kios tersebut berarti turut membantu mensukseskan program 4 pilar yang di canangkan Pemerintah kabupaten Rembang khususnya pilar ke 4 dalam pengembangan ekonomi rakyat (PER).

◄ Newer Post Older Post ►