Ikan Hias Maskoki di Negeri Cina

Maskoki Pompom, sangat terkenal di China
Kendati sudah diketahui negara asal maskoki, tapi sampai kini belum ditemukan catatan sejak kapan pertama kali maskoki dijadikan ikan hias. Hanya dikabarkan, karper crucian yang jadi nenek moyang maskoki “dijinakkan” pertama kali sekitar 1000 tahun silam, ketika dinasti Sung berkuasa (960-1279). Sedangkan perkembangannya baru pesat setelah teknik budidaya air tawar dikenal, yakni semasa pemerintahan Dinasti Ming (1368-1644).

Pada saat Dinasti Ming itulah bermunculan ikan mas berwajah aneh-aneh. Ikan mas generasi ini kemudian disebut goldfish di luar negeri, sedangan di indonesia lebih akrab dikenal dengan nama maskoki.

Saat ini di China, tipe maskoki diperkirakan sudah mencapai ratusan. Untuk memudahkan orang mengenalnya, tipe-tipe maskoki itu diberi nama berdasarkan keunikan yang terdapat pada tubuhnya. Misalnya, tipe-tipe beradasarkan bentuk kepala, mata, tutup insang, selaput hidung, dan selaput mata.

a. Tipe Kepala
Berdasakan bentuk pertumbuhan kepala, di Cina dikenal sedikitnya 6 macam tipe maskoki, yakni; kepala tinggi, kepala macan, kepala setan, kepala singa, kepala kodok, dan kepala tikus.

b. Tipe Mata
Beradasarkan tipe mata ada 7 macam tipe maskoki, yakni: mata biasa, mata balon, telskop dengan kornea yang transparan(di Cina disebut tong pao yen) celestial (nirwana), teleskop dengan pupil gelap (putai yen), mata merah (chu sha yen), danmata itik mandarin (sebelah merah dan sebelah lagi putih).

c. Tipe sisik
Berdasarkan tipe sisik, maskoki di Cina dikelompokkan menjadi tiga, yakni; sisik normal (biasa seperti sisik ikan lazimnya), sisik transparan, dan sisik mutiara (dalam bahasa mandarin disebut chin choo yu)

d. Tipe Warna
Maskoki jenis Froghead, termasuk
cukup digemari di China
Berdasarkan tipe warna, terdapat maskoki berwarna hitam, kuning, merah, atau kombinasi merah dengan putih. Selain itu di China juga ditemukan tiga macam warna spesifik, yaitu: merah tembaga, biru dan ungu. Warna spesifik itu terdapat pada ikan bersisik normal. Beberapa pengamat menganggap ungu sebagai warna haru, tapi pihak lain menduga warna itu berasal dari hasil seleksi maskoki cokelat

Penggolongan maskoki lain yang juga lazim dilakukan di China, diberikan berdasarkan bentuk anggota tubuh. Mereka menggolongkan atas tiga kelompok tipe, yaitu wen shu (maskoki biasa yang terdiri atas 20 varietas) , ron shu(maskoki bermata menonjol yang terdiri sekitar 30 tipe), dan zokushu (maskoki tak memiliki sirrp punggung yang terdiri sekitar 20 tipe).

Jenis-jenis maskoki produksi China yang dewasa ini tergolong top adalah maskoki biru (lang wen yu), maskoki cokelat atau merah lembayung (tsu yu), maskoki mata balon (shui pao yen), maskoki kepala kodok (hama tou), maskoki sisik mutiara (chin choo yu), maskoki pompon (run chiu yu), maskoki redcap/resket/redhand (hon tou), dan maskoki outturned operculum (fansai).

Ciri khas maskoki biru terletak pada warnanya yang biru keunguan. Dulu warnanya ini hanya ditemukan pada maskoki tipe mata teleskop, tapi belakangan ditemukan pada maskoki tipe lain.

Ciri khas maskoki cokelat atau merah lembayung adalah warnanya yang cokelat dan merah lembayung. Dulu warna ini hanya terdapat pada maskoki mata teleskop.
◄ Newer Post Older Post ►