Kolam Renang Bukan Tempat Untuk Pipis

Kolam renang adalah tempat umum yang tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk berenang saja, banyak orang - orang yang datang ke kolam renang umum bukan hanya untuk sekedar bermain air saja. Tapi tahukan anda seberapa bersih kolam renang yang anda dikunjungi tersebut?
 

Berenang itu menyehatkan dan bisa memperkuat tubuh, karena itu olah raga renang sering direkomendasikan sebagai sarana pengobatan atau terapi bagi beberapa orang yang hanya untuk memulihkan cedera atau mengatasi penyakit kronik. Namun tidak semua kolam renang umum itu bersih, justru banyak kolam renang umum yang tidak higienis, karena mengandung banyak bakteri atau zat - zat yang dapat menyebabkan orang yang berenang bukannya tambah sehat melainkan menjadi sakit.

Berenang dapat di jadikan sebagai terapi fisik itu merupakan suatu ide yang sangat baik apabila berenang dilakukan di tempat yang higienis dan benar. Tapi semua itu tetap harus memperhatikan sekecil apapun resiko yang di hadapi, terutama jika kegiatan tersebut dilakukan di tempat umum.


Salah satu kelakuan buruk yang membuat kolam renang menjadi tidak bersih adalah karena adanya orang yang kencing atau buang air kecil di dalam kolam renang. Hal itu biasanya karena mereka orang - orang yang malas keluar dari kolam renang untuk pergi ke kamar mandi. Ini merupakan salah satu paktor penyumbang hadirnya polutan air di dalam kolam renang.

Air kencing (urine) yang ada di dalam kolam renang dapat bereaksi dengan desinfekatan sehingga dapat menghasilkan bahan kimia yang tidak sehat. Kejadian tersebut biasanya paling sering terjadi di kolam anak-anak, padahal sebenarnya daya tahan tubuh anak - anak tidak sekuat orang dewasa. Untuk mengurangi polutan yang ada, ada baiknya diberikan pengumuman kepada pengguna bahwa bagi siapa pun yang ingin berenang di kolam renang agar mandi dahulu. Dengan melakukan yang seperti tadi maka ada kemungkinan untuk mengurangi polutan yang berasal dari diri perenang itu sendiri.

Ada beberapa tips jika ingin berenang atau bermain air di dalam kolam renang umum, seperti:
  1. Jangan sampai meminum air kolam renang.
  2. Disaat mata berada di dalam air usahakan agar tetap tertutup.
  3. Jika memiliki luka yang terbuka lebih baik jangan berenang dulu.
  4. Berenanglah dengan waktu yang tidak lama, berenang hanya selama yang di butuhkan untuk berenang.
  5. Jika terjadi gejala yang tidak biasa segeralah untuk keluar dari kolam renang dan setelahnya konsultasikan dengan dokter.
Untuk itu, akan lebih baik jika sebelum berenang pilihlah tempat berenang yang akan di gunakan.. Berusahalah untuk tidak kencing di dalam kolam renang, karena tidak berbahaya bagi diri sendiri tapi juga membahayakan para pengguna kolam renang yang lain.

Sumber: Dari berbagai sumber
◄ Newer Post Older Post ►