Yuk, Cicipi Telur 1000 Tahun Buatan Lokal

Diambil dari: Detik.com (Selasa, 9 Juni 2009)
Oleh: Devita Sari

Jakarta - Telur Phitan alias telur 1000 tahun asal negeri China ini sering digunakan sebagai pelengkap hidangan bubur atau salad. Warnanya yang hitam transparan sungguh unik dengan bau dan tekstur khas kenyal seperti jelly. Buat penggemar telur ini, kini ada phitan buatan lokal yang bisa dinikmati dengan harga yang lebih terjangkau. Mau?

Asal telur phitan inii diperkirakan dari negeri Cina. Telur ini memang unik tidak seperti telur biasa pada umumnya. Warnanya yang hitam transparan dengan tekstur seperti jelly tersebut memiliki masa kadaluarsa yang lumayan lama yaitu sekitar 3 tahun. Sehingga di China, Taiwan, maupun Hong Kong telur phitan sering disebut sebagai 1000 years egg (telur 1000 tahun).

Telur phitan sendiri sebenarnya berasal dari telur bebek. Telur ini kemudian mengalami proses pengawetan yaitu dengan berbagai macam campuran rempah sekitar kurang lebih 100 hari. Proses pengawetan yang cukup lama membuat telur matang secara alami dan dapat langsung dikonsumsi. Dalam masa proses pengawetan yang lama tersebut warna telur berubah menjadi hitam, putih telurnya menjadi bening dan teksturnya kenyal seperti jelly. Rasanya kenyal-kenyal lembut dan enak!

Biasanya telur phitan banyak digunakan sebagai pelengkap berbagai hidangan seperti bubur, campuran salad, dan berbagai hidangan chinesse food. Bahkan bagi masyarakat China telur ini diyakini bisa membuat badan sehat dan bebas dari berbagai macam penyakit.

Kini di Mabar, Medan telur phitan ternyata sudah bisa dihasilkan sendiri nyaris seperti telur phitan dari negeri asalnya. Telur ini dijual dalam kemasan berisi 10 butir telur dalam keadaan siap dikonsumsi.

Sebutir telur phitan dihargai Rp 20.000,00. Hmm... harga yang cukup pantas rasanya mengingat proses pembuatannya yang cukup rumit dan lama. Nah, buat penyuka telur phitan rasanya bolelah mencoba telur phitan made in Medan ini!
( dev / Odi )
◄ Newer Post Older Post ►