Pengukuran arah kiblat makam

Sulang-Menindaklanjuti program kantor kementrian agama Kabupaten Rembang, Kantor Urusan Agama ( KUA ) Sulang sejak bulan desember hingga januari ini melakukan pengukuran arah kiblat di 70 makam di Kecamatan Sulang. Dengan bentuk kegiatan pemasangan plang arah kiblat di masing masing makam.


Kepala KUA Sulang Umarudin mengatakan, secara umum semua makam yang ada di Kecamatan Sulang sudah diukur arah kiblatnya. Namun tinggal beberapa makam yang belum dipasang plang arah kiblat, dan secepatnya akan dilakukan pemasangan berkoordinasi dengan pihak desa.


Umarudin menjelaskan, pemasangan plang arah kiblat makam tidak boleh sembarangan dilakukan, harus menggunakan alat dan rumus yang sudah ditentukan. Yakni mengacu pada alat kompas dan peralatan tehnologi canggih yang bisa menunjukkan arah kiblat yang benar.


Selama ini kadangkala masih ditemukan ada makam yang arahnya tidak menghadap ke kiblat. Namun yang sudah terjadi tidak perlu dipermasalahkan lagi, yang penting dengan adanya plang arah kiblat ini masyarakat jadi tahu agar dalam melakukan pemakaman bisa menghadap kiblat sesuai dengan arah kiblat yang ditentukan. Untuk mensukseskan kegiatan ini, pihaknya melibatkan perangkat desa dan masyarakat setempat.


Umarudin menambahkan, ditahun 2011 ini pihaknya rencananya akan membantu memberikan pengukuran dan pedoman arah kiblat bagi warga yang menginginkan agar rumahnya bisa diukur. selama ini masalah pengukuran arah kiblat di rumah warga telah disosialisasikan kepada semua kaur kesra yang ada di Kecamatan Sulang. Tinggal nanti ada pengajuan dari masyarakat atau tidak, Hal ini dimaksudkan agar masyarakat dalam menjalankan ibadah sholat tidak keliru untuk menghadap kiblat.


Selain masalah pengukuran arah kiblat, KUA Sulang juga siap apabila ada warga miskin yang mengajukan permohonan untuk segera dinikahkan. Jadi tidak perlu menunggu adanya kegiatan nikah massal karena pihaknya akan membebaskan biaya untuk kelangsungan, pernikahan tersebut.

◄ Newer Post Older Post ►