Penyuluhan KIA

Sedan-Untuk menekan angka kematian ibu dan anak, UPT Puskesmas Sedan baru-baru ini mengadakan penyuluhan tentang Kesehatan ibu dan anak (KIA) di Pendopo Kecamatan Sedan, Penyuluhan diikuti Ketua Tim Penggerak PKK desa se-Kecamatan Sedan dan kader desa.


Kepala UPT Puskesmas Sedan Tusnendi mengatakan, tujuan utama dari kegiatan penyuluhan KIA adalah mensosialisasikan kepada para ketua Tim Penggerak PKK desa dan para kader desa agar persalinan bagi ibu hamil dapat ditangani oleh tenaga ahli atau petugas kesehatan yang sudah terlatih dengan baik, sehingga kasus kematian ibu dapat dicegah dan diminimalisir.


Dijelaskan oleh Tusnendi, salah satu cara untuk menekan angka kematian ibu selain persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan yang terlatih, juga dilakukan ditempat fasilitas yang aman, seperti puskesmas dan rumah sakit. Selain itu perlu ditunjang adanya donor pendamping, ambulance desa dan pendamping persalinan.


Upaya lain yang dilakukan untuk menekan angka kematian ibu adalah mengintruskikan kepada para ibu hamil agar mengisi stiker perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi yang diberikan oleh petugas kesehatan. Stiker itu sendiri berisikan data yang harus diisi oleh para ibu hamil diantaranya nama ibu, dan data kelengkapan lainnya.


Sementara itu dari data UPT Puskesmas Sedan, sampai dengan akhir tahun 2009 dan memasuki awal tahun 2010 belum ditemukan adanya kasus kematian ibu dan anak.


◄ Newer Post Older Post ►