Desa Jatimudo terapkan PHBS

Sulang-Sebagai tindak lanjut direalisasikannya bantuan program air minum sanitasi berbasis masyarakat ( pamsimas ) oleh pemerintah pusat di desa Jatimudo Kecamatan Sulang pada tahun 2008 lalu. Ditindaklanjuti Pihak desa setempat dengan menerapkan pola hidup bersih di desanya.


Kepala Desa Jatimudo Juri mengatakan, pola hidup bersih dan sehat ini diwujudkan dengan kegiatan kebersihan dan pembuatan jamban di masing masing kepala keluarga. Untuk pembuatan jamban secara bertahap sejauh ini dari kepala keluarga yang ada di desa Jatimudo, 90 persen sudah memiliki.


Juri mengatakan, pihak desa saat ini selain memperhatikan masalah kesehatan juga memprioritaskan bidang lainnya yang dampaknya berhubungan dengan masyarakat. Seperti dibidang ekonomi berencana mengusulkan kepada pemerintah untuk pembangunan makadam jalan tembus menuju desa Glebek Kecamatan Sulang sepanjang hampir 2 Km. Perbaikan Jalan tembus menuju desa Glebek yang kondisinya sangat mengkhawatirkan.


Pihak desa Jatimudo selain itu berencana mengusulkan bantuan untuk perbaikan jembatan, jalan tembus menuju desa Sulang dan jalan menuju SMA N Sulang. Usulan ini menjadi perhatian aparatur desa karena melihat peran aktif warga sangat tinggi.


Menurut Juri, dengan dioptimalkannya bidang ekonomi khususnya perbaikan infrastruktur di desa. Dampaknya akan berpengaruh pada kehidupan sosial di masyarakat dan terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat.


◄ Newer Post Older Post ►