Tips memberi makan kuda laut

Kuda laut harus diberi makan setipa hari, minimal dua kali sehari. Pagi dan sore hari. Makan terbaik bagi kuda laut adalah anakan dari berbagai jenis udang laut, dalam keadaan masih hidup cukup kecil untuk bisa masuk kedalam mulutnya. Udang-udang yang sudah mati dan dibekukan akan kehilangan beberapa nutrisi yang bagus buat perkembangan dan kesehatan kuda laut.
Tetapi karena mendapatkan makanan hidup setiap hari mustahil dilakukan, maka alternativenya adalah dengan memberikan makanan beku kepadanya. Dengan catatan, setip minggu sekali tambahkan beberapa tetes multivitamin kedalam makanan beku ini, sebelum diberikan untuk membantu nilai nutrisinya. Makanan beku ini, sebaiknya tidak disimpan lebih dari satu minggu dalam kulkas. Beli secukupnya untuk seminggu.
Member makanan kuda laut dari sumber lain misalnya anakan ikan guppy atau jentik-jentik nyamuk tidak disarankan. Kuda laut memang terlihat akan memakannya. Tapi kandungan gizi yang dibutuhkan oleh makhluk dari laut, tidak akan terpenuhi oleh makanan dari dunia air tawar ini. Dari pengalaman penulis, kuda laut yang diberi makan jentik-jentik nyamuk, setelah lebih kurang enam bulan akan menunjukkan gejala-gejala kekurangan gizi. Gejala kurang gizi akan ditunjukkan bahwa kuda laut semakin kurus, kemudian diikuti dengan terkelupasnya kulit tanpa sebab. Jika kulit kuda laut sudah terkelupas, maka kemungkinan dia selamat dari masalah ini sangat kecil. Kuda laut bisa mati dalam beberapa hari saja.
◄ Newer Post Older Post ►