Ratusan meter garis sepadan pantai hilang

Rembang-Kantor kesatuan bangsa dan perlindungan masyarakat (kesbangpolinmas) kabupaten Rembang mencatat ratusan meter garis sepadan pantai diwilayah kecamatan Kragan dan sarang hilang, seiring banyaknya pantai yang digunakan untuk pemukiman penduduk warga setempat.


Kepala Kantor Kesbangpollinmas Suharso menyebutkan, kondisi ini tentunya sangat membahayakan keselamatan warga jika sewaktu-waktu terjadi ombak besar. Apalagi akhir akhir ini diwilayah kecamatan Kragan maupun sarang sering diterjang ombak besar yang mengakibatkan abrasi.


Lebih Lanjut Suharso mengatakan, tercatat sepanjang 500 meter garis sepadan pantai diwilayah kecamatan kragan hilang dan sepanjang 300 meter di Kecamatan sarang juga Hilang.


Untuk itu Pihaknya bersama Dinas instansi terkait sudah sering mengingatkan warga untuk tidak membangun rumah di sepanjang pantai, dan merelokasi ketempat lain, namun sejauh ini upaya yang dilakukan selama ini belum mendapat tanggapan serius dari warga.


Sebagai langkah awal untuk mengantisipasi abrasi yakni melakukan pembuatan talud dan break water atau pemecah ombak untuk menghindari ganasnya ombak.

◄ Newer Post Older Post ►