Tanamkan rasa nasionalisme bagi siswa

Rembang-Penanaman rasa cinta dan nasionalisme kepada para siswa harus tetap dilanjutkan dan selalu dilestarikan. Untuk mewujudkan itu perlu diadakan semacam kegiatan yang dapat menumbuhkan rasa nasionalisme pada diri siswa. Seperti yang telah dilaksanakan oleh SMAN 03 Rembang, baru-baru ini mengadakan lomba folksong lagu lagu daerah diikuti kelas 10 hingga kelas 12.


Kepala SMAN 3 Rembang Suhartono menyebutkan, dalam lomba folksong para siswa diintruksikan dapat membawakan lagu wajib gambang suling. Serta lagu pilihan lainnya seperti manuk dadali, ampar ampar pisang, si patokan, o ina ni keke, waktu hujan sore sore dan apuse. Dan penyajiannya dikemas dalam bentuk vokal grup atau folks song.


Menurutnya, SMAN 3 Rembang yang memiliki visi insan beriman, berbudi pekerti luhur, disiplin dan unggul dalam prestasi ini harus peduli dengan penanaman nilai nilai nasionalisme melalui pemeliharaan warisan bidaya. Karena generasi muda sekarang ini hampir melupakan budaya daerah yang sangat beragam jumlahnya yang harus selalu dijaga dan dilestarikan. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian peringatan dies natalis yang ke-19 SMAN 3.


Disamping itu disajikan wayang mbeling dengan judul ontran ontran ing gunung sukendra yang dikemas ala opera van java mendapatkan sambutan yang meriah dari tamu undangan dan siswa.

◄ Newer Post Older Post ►