3 KUB terima bantuan kapal

Rembang-Pemkab Rembang melalui Dinas kelautan dan perikanan menerima bantuan 3 buah kapal dari pemerintah pusat. Penyerahan bantuan secara simbolis diserahkan oleh gubernur jawa tengah kepada Bupati Rembang tanggal 31 januari 2011 di galangan kapal kabupaten batang jawa tengah. Demikian dikatakan Kepala Dinas kelautan dan perikanan Ir Suparman.

Suparman lebih lanjut mengatakan, 3 bantuan kapal terdiri dari 2 buah kapal hibah dari pelindo III diserahterimakan kepada Kelompok usaha bersama (KUB) Mina bahari Rembang dan KUB maju Mandiri Rembang, masing-masing berukuran 30 GT dan 1 buah kapal bantuan dari pemerintah pusat melalui Gubernur jawa tengah berukuran 46 GT diserahterimakan kepada KUB Mina sejahtera Samudera dari sarang. Bantuan kapal ini diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan nelayan dan meningkatkan hasil tangkapan ikan.


Kepala dinas kelautan dan perikanan Suparman menjelaskan, bantuan kapal diberikan karena dua pertiga kapal penangkap ikan di seluruh indonesia berukuran kecil, sehingga perlu adanya strukturisasi armada kapal. Dengan adanya kapal berukuran besar dan peralatan lengkap ini nelayan bisa mencari ikan dijalur II dan III, Sehingga kepadatan wilayah I atau jalur 12 mil dari pantai berkurang dan memberikan kesempatan ikan berkembang dan tidak cepat punah.


Terobosan pemerintah ini selain untuk meningkatkan pendapatan nelayan, program ini diharapkan bisa membantu pemerintah menjadi bamper pertahanan maritim di indonesia khususnya dalam mengurangi ilegal fishing nelayan asing, dan mengurangi perijinan kapal asing diindonesia.


Ditambahkan Suparman, Program bantuan 1000 kapal di seluruh indonesia ini mulai dicanangkan pemerintah pusat tahun 2010 sampai dengan 2014 di seluruh Indonesia, Khusus dijawa tengah akan menerima bantuan 100 kapal. Tujuannya sesuai visi kemaritiman Indonesia menjadi perikanan terbesar didunia tahun 2015 nanti .

◄ Newer Post Older Post ►