Desa Dadapan miliki Pasar

Sedan-Sarana dan prasarana pembangunan yang ada di desa khususnya di Kecamatan Sedan terus ada peningkatan, seiring adanya Program Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPMMD) maupun program yang lain dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. satu lagi program dari pemerintah yang langsung bisa di rasakan manfaatnya oleh warga yakni PNPMMP pola khusus penanganan dampak krisis tahun 2010 yang di kucurkan untuk pembangunan sarana dan prsarana pasar desa Dadapan.


Penanggung jawab Operasional Kecamatan (PJOK) Kecamatan Sedan Muslih menjelaskan, PNPMMD pola kusus penanganan dampak krisis tahun 2010 di terima Kecamatan Sedan, di peruntukkan bagi desa Dadapan untuk pembangunan pasar desa seluas 500 meter. Lokasi pasar berada diatas tanah milik desa di RT05/RW02 desa Dadapan, memiliki 4 unit kios dengan panjang 3x4 meter, los pasar sebanyak 5 unit dengan ukuran 3x3 dan 1 unit tempat sampah. Pembangunan fisik pasar saat ini telah mencapai 90% dan segera rampung dikerjakan.


Pembangunan pasar desa merupakan dana yang di terima desa Dadapan dari PNPMMD pola khusus penanganan dampak krisis tahun 2010 sebesar 99 jutaan dan swadaya dari masyarakat sekitar 2 juta lebih. Pembangunan fisiknya saat ini telah mencapai 90%.


Terpisah Kepala desa Dadapan Asmari menambahkan, di karenakan PNPMMD sifatnya pemberdayaan bagi warga, untuk itu apabila pembangunannya pasar desa telah selesai, nantinya kios dan los pasar desa yang ada di pasar desa tersebut akan di peruntukkan dan disewakan bagi warga desa Dadapan.


Ada 3 manfaat dan keuntungan yang didapat dari berdirinya pasar desa, yakni bagi pedagang bisa mendapat keuntungan karena mendapat kios dan los pasar yang layak, dan tempatnya representatif, Bagi pembeli tidak usah jauh berbelanya, karena di desa sudah berdiri pasar desa, dan bagi pihak desa mendapat kontribusi dari uang sewa kios, los pasar. dan parkir.

◄ Newer Post Older Post ►