Pelopor Hutan Mangrove Diusulkan Terima Kalpataru

Rembang-Suyadi usia 69 tahun, warga desa Punjulharjo kecamatan Rembang kota, tokoh penggiat lingkungan hidup, diusulkan Pemkab Rembang sebagai calon penerima Kalpataru 2011. Pengajuan usulan didasarkan atas pengabdian dan jasa Suyadi yang mempunyai andil besar dalam menjaga dan melestarikan kawasan pantai.


Kepala Kantor Lingkungan Hidup Purwadi Samsi melalui Kepala Seksi Pengendalian Kerusakan Lingkungan dan Konservasi Sumber Daya Alam, Mursidi, menyebutkan, Suyadi selama ini dikenal sebagai pakar tanaman mangrove yang gigih dan telaten menjaga dan memelihara kelestarian lingkungan pantai. Kepeduliannya untuk menyelamatkan daerah pantai dari abrasi, ditunjukkan dengan kegemarannya mengembangkan tanaman hutan mangrove yang hingga kini mencapai kawasan sepanjang 8 kilometer, mulai desa Punjulharjo hingga Kabongan Lor Kecamatan Rembang. .


Menurut Mursidi, sejak tahun 1964, atas inisiatifnya sendiri, Suyadi rajin menanam mangrove sebagai tanaman penghijauan pantai. Bahkan separuh hidupnya dia dedikasikan untuk menjaga kelestarian lingkungan pantai guna berperang melawan abrasi. Langkah ini memberikan peluang besar baginya untuk mendapatkan penghargaan Kalpataru.


Mursidi menambahkan, kantornya tengah mengusulkan Suyadi sebagai penerima Kalpataru 2011 dalam kategori perintis lingkungan di bidang penangkaran, penanaman, pemeliharaan dan pengelolaan hutan mangrove. Saat ini masih dalam rangka melengkapi sejumlah dokumen yang dibutuhkan dan jika sudah lengkap, pada Maret 2011 mendatang akan dikirim ke Kementerian Lingkungan Hidup.


Terpisah, Suyadi menjelaskan, upaya melestarikan lingkungan hidup dia lakukan semata-mata karena ingin mengantisipasi abrasi kawasan pantai di desa Pasarbanggi dan desa sekitarnya. Bahkan hingga usianya yang makin uzurpun ia tak akan pernah lelah menggelorakan semangat untuk menyelamatkan lingkungan hidup kawasan pantai dengan terus mengembangkan hutan mangrove.


Disebutkan Suyadi, apa yang dilakukan demi generasi selanjutnya, oleh karena itu tak akan pernah lelah mengkampanyekan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan pantai, agar dapat dinikmati anak cucu.


◄ Newer Post Older Post ►