Warga desa Pasedan miliki sarana air bersih

Bulu-Warga desa Pasedan Kecamatan Bulu saat ini sudah merasa tenang dan tidak perlu kawatir lagi untuk mendapatkan air bersih di desanya. Semenjak adanya bantuan program air minum sanitasi berbasis masyarakat ( pamsimas ) dari pemerintah tahun 2010 lalu, kebutuhan air bersih di desa Pasedan telah tercukupi, bahkan lebih.


Kepala Desa Pasedan Sutono mengungkapkan, sebelum adanya program pamsimas warganya sangat kesulitan mendapatkan air bersih. Apalagi desa Pasedan tergolong cukup rawan akan kekeringan.


Disebutkannya, anggaran pamsimas yang direalisasikan pemerintah kepada desa Pasedan sebesar Rp 283 juta. Dana itu dipergunakan untuk kegiatan fisik terdiri dari pembuatan 2 bak induk dan 2 unit listrik, kemudian 8 unit hidran air.


Sementara 2 titik pengeboran dan pembangunan 2 rumah pompa ditempatkan di dukuh krajan dan banyu urip. Disamping itu ada pembangunan MCK di Madrasah Diniyah dan SD 2 Pasedan, serta adanya festafel sebanyak 29 unit tersebar di SD Pasedan 1, 2 dan 3.


Dijelaskan oleh Sutono, selain kegiatan fisik, juga ada kegiatan non fisik yakni kegiatan pelatihan lembaga keswadayaan masyarakat dan pelatihan pola hidup bersih dan sehat.


Untuk tahun 2011 ini dari program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri pedesaan ( PNPM MD ) rencananya akan diadakan kegiatan pelatihan perbengkelan. Dari pelatihan ini warga diharapkan bisa membuka lapangan kerja sendiri .

◄ Newer Post Older Post ►