Kunjungan Wisatawan Asing ke Kepri Ditargetkan Dua Juta Orang

BATAM – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menargetkan jumlah kunjungan wisatawan asing dua juta orang pada tahun 2011 ini, lebih tinggi dibanding realisasi tahun 2010 yang satu juta orang. Untuk itu program dan dana promosi akan ditingkatkan.



Gubernur Kepri Muhammad Sani mengatakan, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara pada 2010 sekitar satu juta orang dan tahun 2011 ini ditargetkan menjadi dua juta orang.

Target itu diprediksi bisa dicapai sebab Kepri merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Singapura dan Malaysia yang selama ini warganya paling banyak mengunjungi Kepri khususnya ke Batam, Bintan dan Karimun.

“Pariwisata merupakan sektor andalan Kepri untuk meningkatkan perekonomian daerah dan dengan posisi strategis berbatasan langsung dengan Singapura dan beberapa negara tetangga, menjadikan daerah ini sebagai daerah tujuan wisata turis mancanegara maupun lokal,” katanya, Senin (3/1).

Kepri juga mememiliki beberapa objek wisata yang sangat potensial dan layak jual seperti wisata pantai di Batam, Lagoi Bintan, Karimun dan Tanjung Pinang serta wisata sejarah dan budaya di pulau Penyengat.

Posisinya yang berdekatan dengan Singapura juga kata dia memberi nilai tambah bagi Kepri untuk menarik turis dari negara tersebut sebesar besarnya. Setiap tahun Singapura selalu dikunjungi turis yang jumlahnya mencapai 13 juta–15 juta dan sebagian turis dari berbagai negara itu juga mengunjungi beberapa objek wisata di Kepri.

Sementara itu, Bupati Bintan Ansar Ahmad menambahkan target kunjungan wisata Kepri bisa dicapai jika kondisi ekonomi global dan situasi keamanan nasional dan global kondusif.

Pemerintah Kabupaten Bintan kata dia, akan melakukan berbagai langkah untuk mengejar target kunjungan wisata tersebut. Salah satunya akan mengajak pemerintah provinsi, swasta dan masyarakat berkolaborasi membangun pariwisata di Bintan.

Pihak investor juga di ajak untuk membangun dan mengembangkan kawasan wisata baru, untuk itu Ansar optimistis investor akan terus menanamkan modalnya di Bintan untuk membuka kawasan wisata. Sementara itu, Kawasan wisata Lagoy Bay yang sedang dikembangkan saat ini telah menambah investasinya sekitar 1,2 triliun rupiah yang akan selesai pembangunannya pada tahun 2012.

Sementara itu, investor dari Rusia juga berencana akan membangun kawasan wisata resort di Tanjung Berakit Bintan.

Menurut Ansar kunjungan wisatawan asing ke Bintan terus meningkat, pada tahun 2010 diperkirakan 420 ribu orang, lebih tinggi dibanding 2009 yang 340 ribu orang.

Turis Perdana

Sementara itu, mengawali tahun 2011 ini, Gubernur Kepri M Sani melakukan penyambutan turis asing di Pelabuhan Lagoi Bintan. Terdapat lima turis dari lima negara berbeda yang diberikan kesempatan sebagai turis perdana 2011 di Bintan yakni Merritt Timothy asal Amerika Serikat, James Charles Stewart asal Inggris, Shunsuke Fukui asal Jepang, Jaup Maria asal Australia dan Chon Jin Kay asal Singapura.

Turis tersebut tiba pukul 8.00 di Pelabuhan BBT Lagoi dan langsung disambut Gubernur Kepri, Bupati Bintan, Kapolres Bintan AKPB Yohanes S Widodo, Wakil Bupati Bintan Khazalik, Direktur PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) Lagoi Frans Gunara. Kelima turis langsung diberikan kalungan bunga serta diberikan cinderamata. Turis tersebut juga disambut dengan tari persembahan. (gus).

◄ Newer Post Older Post ►