5 TPI Akan Direvitalisasi

Rembang- Dari 14 unit Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di kabupaten Rembang, baru 9 TPI di 6 kecamatan yaitu Kaliori, Rembang, Lasem, Sluke, Kragan, dan Sarang yang aktif operasional. Sedangkan 5 unit TPI lain belum beroperasi secara maksimal.


Menurut keterangan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Suparman, untuk mendongkrak pendapatan Asli daerah ke 5 TPI akan direvitalisasi. salah satu yang direvitalisasi di tahun 2011 yakni TPI Binangun yang selama ini mangkrak. Pihaknya telah menyiapkan konsep baru, menjadi lokasi terintegrasi berupa docking kapal wisata bahari dan kuliner.


Lebih lanjut Suparman menyampaikan, ditahun yang sama Pemkab Rembang juga akan menata TPI Tasikagung Rembang. Dari luas kawasan 6 hektar akan ditambah menjadi 10 hektar dengan tambahan sarana-prasarana pasar ikan.


Dengan revitalisasi 5 TPI dan penataan kawasan TPI Tasikagung Rembang, ditargetkan produksi perikanan tahun 2011 meningkat menjadi 39 ribu ton dengan nilai produksi Rp 194 milyar dibandingkan capaian tahun sebelumnya. Tahun 2010 produksi perikanan berkisar 38 ribu ton dengan nilai raman sekira Rp 189,6 milyar.

◄ Newer Post Older Post ►