Kades Pranti komitmen Berdayakan SDM dan SDA

Sulang-Desa Pranti kecamatan Sulang Sesuai dengan visi misinya berusaha mewujudkan kesejahteraan masyarakatnya melalui pemberdayaan sumber daya alam dan sumber daya manusia. Komitmen ini diharapkan mampu mendongkrak perekonomian warga menjadi lebih baik lagi. Hal tersebut diungkapkan Kepala Desa Pranti Dahlan.


Dahlan mengungkapkan ada 3 program prioritas unggulan desa dalam mensejahterakan warganya, yang pertama adalah masalah sumber mata air, infrastruktur dan ekonomi.


Untuk masalah kebutuhan air bersih sejauh ini beberapa RT di desa Pranti sudah memiliki sumber air PAM lewat program pengadaan air bersih ( PAB ) tahun 2010 lalu. Namun yang masih menjadi perhatian pihak desa adalah warga yang berada di Rt 03 Rw 01 selama ini masih kesulitan mendapatkan air bersih.


Pihak desa ditahun 2010 lalu telah mengajukan proposal kepada pemerintah daerah dan propinsi untuk merealisasikan pembangunan embung tadah hujan di Rt 03 Rw 01. Pembangunan embung ini rencana tahun 2011 positif direalisasikan berdasarkan informasi dari dinas energi sumber daya mineral Kabupaten Rembang .


Selanjutnya pihak desa berupaya mengajukan bantuan modal usaha kepada pemerintah propinsi agar bisa memberikan modal usaha bagi para pedagang di desanya. Upaya ini dilakukan mengingat sebagian besar warga desa Pranti adalah pedagang dan pengusaha home industri kecil. Selain itu banyak potensi hasil pertanian dan perkebunan yang dimiliki yakni buah siwalan, kelapa muda dan legen.


Sedangkan untuk usaha kecil banyak berkembang industri roti, krupuk dan warung kopi. Apabila para pengusaha home industri dan pedagang ini diberdayakan maka setidaknya akan mengangkat perekonomian warga.


Namun upaya tersebut tidaklah cukup kalau tidak didukung dengan peningkatan bidang infrastruktur di desa. Maka pihak desa saat ini ini terus mengupayakan perbaikan jalan dan membangun talud jalan di desa.


Peningkatan bidang infrastruktur yang sudah menjadi wacana desa Pranti ditahun 2011 ini adalah pembangunan talud jalan poros desa di Rw 02. Sedangkan untuk perbaikan jalan diprioritaskan di Rt 02 dan Rw 03 serta jalan poros menuju desa Bogorame.


◄ Newer Post Older Post ►