Kepala SMP 1 Lasem Raih Penghargaan Nasional

Lasem-Kepala SMP 1 Lasem Hj Inayah Abdul Chanan, M.Pd meraih penghargaan Juara I kepala sekolah berprestasi peduli terhadap pengembangan Pendidikan Agama Islam (PAI) tingkat nasional pada resepsi Hari Amal Bhakti ke-65 kementerian Agama beberapa saat yang lalu.


Penghargaan disampaikan langsung oleh Menteri Agama Surya Dharma Ali atas prestasinya dalam mengembangkan pendidikan Agama Islam di lingkungan sekolah. Juara II diraih oleh Kepala SMPN 2 Srandakan Bantul DIY, dan Juara III diraih Kepala SMPN 1 Tanjung Morawa Sumatera Utara.


Inayah menerangkan, dalam mengikuti pemilihan kepala sekolah berprestasi selain mengirim portofolio yang terdiri dari biodata kepala sekolah dan kinerja sekolah, dia juga mengirimkan karya ilmiah berdasarkan praktek langsung (Based Practice) dengan judul peranan kepala sekolah dalam pengembangan PAI. Intinya bagaimana mengembangkan PAI di sekolah dengan pendekatan kultural.


Inayah yang saat ini sedang menyelesaikan pendidikan S3-nya di salah satu perguruan tinggi negeri di Semarang mengatakan, Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP 1 Lasem telah dimasukkan dalam Rencana Kegiatan Sekolah (RKS) satu tahun dan Rencana Program Sekolah (RPS) empat tahun. Program yang telah dilaksanakan antara lain siswi diwajibkan mengenakan rok panjang baik muslim maupun non muslim, sholat dhuha bersama, maupun sholat dhuhur berjamaah baik untuk siswa maupun guru.


Selain itu kegiatan hari Besar keagamaan juga dilaksanakan disekolahnya selain mengundang da’i dari luar, siswa juga didaulat untuk menjadi da’i. Disamping itu dengan kepedulian dan kesadaran baik dari guru maupun orang tua murid, alhamdulillah pembangunan mushola di sekolah tersebut bisa berdiri sesuai rencana.


Inayah pada awal penerapan kegiatan, mengaku menemui kendala, antara lain sempat ada penolakan untuk penggunaan rok panjang karena dianggap menyerupai Sekolah Madrasah Tsanawiyah. Tapi setelah ada penjelasandan angket ke orang tua siswa, ternyata banyak orangtua yang menyetujui usul tersebut.


Inayah berharap dengan penghargaan ini dapat mempertahankan bahkan meningkatkan kegiatan-kegiatan yang sudah berlangsung disekolah yang dipimpinnya sesuai dengan visi SMPN 1 Lasem yaitu Menjadi sekolah yang unggul dalam berprestasi inovasi dan berakhlak mulia dan berwawasaninternasional.


◄ Newer Post Older Post ►